Selasa, 08 April 2008

Penghela Recovery Ekonomi

ARGUMEN menguatkan sektor kelautan dan perikanan dapat menjadi salah satu penghela recovery ekonomi adalah kenyataan bahwa permintaan terhadap produk perikanan meningkat secara signifikan. Baik karena peningkatan jumlah penduduk maupun tingkat pendapatan. Disamping itu yang lebih penting adalah terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat dari red meat (daging) ke white meat (ikan). Perubahan itu sendiri terjadi karena meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan.

Dengan gambaran potensi sumber daya kelautan dan perikanan tersebut, maka salah satu entry-point untuk memulai dan melangsungkan pembangunannya adalah pengembangan investasi. Industri perikanan diproyeksikan sebagai salah satu lokomotif pembangunan. Dengan pemikiran tersebut, sudah sewajarnya apabila pembangunan perikanan menjadi prime mover dalam sektor ini. Lebih-lebih dalam situasi krisis ekonomi saat ini. Usaha perikanan mampu bertahan, bahkan dapat menyumbangkan penerimaan devisa negara. Terutama usaha perikanan yang menghasilkan komoditas ekspor. Memasuki era pasar global, pembangunan kelautan dihadapkan pada beberapa realitas dan kecenderungan ke depan.

Beberapa realitas dan kecenderungan tersebut diantaranya daya dukung sumber daya di darat dari waktu ke waktu semakin berkurang, sementara jumlah penduduk serta pendapatan masyarakat semakin meningkat. Oleh karena itu, permintaan barang dan jasa di masa mendatang akan terus meningkat yang semakin tidak dapat dipenuhi lagi dari hasil-hasil pendayagunaan sumberdaya daratan. Sebagai konsekuensinya, tuntutan untuk memanfaatkan sumberdaya laut dimasa mendatang kian meningkat.

0 komentar:

 
This blog powered by Blogger. Template designed by Go Blog Template