Senin, 14 Desember 2009

Memahami

Belajar memahami dalam satu sama lain ternyata begitu sulit, karena banyak sekali karekter yang berbeda walaupun dalam satu keluarga dan berteman dengan siapapun. Karekter-karena seseorang ternyata bisa menimbulkan sebuah ikatan persaudaraan dan persahabatan yang erat. Sekarang kita coba memahami yang ada disekitar kita baik pagi hari, siang, sore dan malam hari kita selalu bertemu dan berbicara dengan satu sama lainnya ada canda dan tawa yang menghiasi hari-hari kita.

Sebuah pertanyaan dalam diri kita yaitu..! biaskah kita memahami diri dan perasaan kita sendiri..? dan bisakah kita memahami dalam satu keluarga..? dan juga bisakah kita memahami yang ada di dekat kita terutama sahabat yang selalu ada walaupun ia jarang kita temui.!
Tenyata begitu mudah memahami pada seseorang dan mengenal karekter orang apabila kita selalu dekat dan mengeluarkan sebuah kata-kata yang tidak menyudutkan dan sebuah kata yang tidak kasar walaupun dengan cara berdiskusi satu sama lain. Ternyata begitu indah dan enok apabila seseorang yang lebih tua berbicara dengan kata yang rendah diri terhadap orang-orang yang dibawah umurnya, karena ia adalah pemberi nasehat dan sekaligus jalan yang akan kita cerna kedepannya, sebuah perkataan itu akan selalu diingat walaupun ia pergi kemanapun dan ia akan menghargai karena itu ada buat kepentingan dirinya sendiri dan bukan untuk diri orang lain.

Dalam hidup ini mari kita saling mengenal satu sama lain agar dikemudian hari tidak terjadi perselisian yang akan mengakibatkan vatal dalam pemahaman karekter sesorang, karena belum bisa untuk kita cernakan.

Pemahaman dalam memahami adalah:

1. Cara Memahami Orang Tua
dalam memahami orang tua kita diharuskan melihat dan mendengar apa perkataan dan perbuatan orang tua dan jadilah anak yang berbakti kepada orang tua. Karena dengan itu orang tua bisa memahami bahawa anaknya adalah anak yang Sholeh dan Sholeh dan mengerti perasaan orang tua dan menjadi kebanggaan orang tua.

2. Memahami Anak Kecil
kebanyakan anak-anak tidak mau dimarah dan ia mudah sekali dibujuk apabila ada keingginan yang yang ia kehendaki, jadi pinter-pinterlah dalam membujuk anak dan anak kecil apabila kita bersama mereka dan pahamilah apa kemauunnya karena ia berbeda dengan zaman kita (orang dewasa)

3. Memahami Dalam Keluarga
di dalam keluarga sebenarnya tidak banyak mengalami perbedaan karena dalam satu keluarga ada nenek, bapak, ibu, kakak dan adik. Apabila kita sudah merasa dengan dengan keluarga dan sering berkomunikasi dan saling terbuka maka pemahaman untuk memahami dalam keluarga begitu indah dan terjadi sebuah kehidupan yang harmonis dan apabila kita tidak saling memahami satu sama lain maka itu akan menjadi bahan perbincangan banyak semua orang karena bisa dikatakan keluarga yang berantakan/broken homes

4. Memahami Sahabat
Sahabat, sahabat, sahabat, nama ini selalu di sebut-sebut bila kita berbicara suatu keberhasilannya dan akan mengatakan ia adalah sahabatku yang dulu dan sekrang ia adalah orang yang sukses. Sahabat bisa diartikan adalah keluarga yang kedua karena ia bisa menolong kita diwaktu kita mendapatkan kesempitan dan kesulitan, sahabat sejati ia takkan rela apabila sahabatnya terjebak di tepi jurang karena ia pendamping dan juga pemberi arahan dan solusi bagaiman jalan yang terbaik untuk kedepan.

5. Memahami Seseorang Kekasih
Nah. Yang satu ini banyak sekali karakternya,,, karena sulit sekali untuk memahami satu sama lainya. Mungkin bagi orang yang sedang jatuh cinta bisa saling memahami, karena adanya sebuah solusi atau kesepakatan untuk saling percaya, jujur satu sama lain walaupun itu sangat menyakitkan. Ternyata kejujur bisa dipahami bersama-sama untuk bisa memahami bagaimana sifat-sifat tingkah laku dan tindakan yang telah dilalui.

0 komentar:

 
This blog powered by Blogger. Template designed by Go Blog Template